Kamis, 28 Februari 2013

Menjaga kei-iritan kendaraan roda dua

Halo para pecinta Artikel, gw mau share artikel baru neh.


Buat agan agan yang menggunakan sepeda Motor, entah merek apapun, tahun berapapun keluarannya, pasti merasakan kebimbangan waktu membelinya pertama kali. Menurut agan agan sekalian semua sepeda motor sama aja, cuman koar koar pas iklan aja, tapi jangan salah gan, ke-irit-an sepeda motor tergantung dari cara kita memperlakukannya. Buat agan agan yang tinggal di kota yang RAME alias MACET kurang beruntung gan, karena tips ini dikhususkan buat yang notabennya jarang MACET, hal ini udah gw buktiin sendiri gan. Gini nih ceritanya... pas gw dulu masih awal makek sepeda motor (Vega R 110)gw masih asal asalan, alhasil sepeda gw borosnya minta ampun, pas gw ngeliat Speedometer punya temen gw (Vega R 110 "tahun 2004") pendahulunya, terdapat tulisan "econo" pada kecepatan 40 - 60 Km/h. Awalnya gue coba coba, kali aja pengaruh sama motor gw, dan horee, berhasil berhasil hore... motor gw lebih irit kebanding sebelumnya. namun disempurnakan lagi sama bokap gw makek OLI yang khusus rekomendasi dari Dealer.

nah ceritanya cukup sekian, namun tips-nya kan belum. Jadi kalo mw motor agan agan menjadi lebih irit usahakan menggunakan metode berikut.


1. biarkan kecepatan stabil
Kenapa musti stabil??? jadi simpelnya gini, kalo kita bisa men-stabil-kan kecepatan kendaraan kita maka kerja Piston bakalan konstan, dan pemanfaat-an bensinnya lebih irit.


2. panasin sebelum dipakai pertama kali.
WOY, bukan dibakar. Yang namanaya dipanasin itu cuman istilah, jadi sebetulnya konsepnya sama seperti manusia, pemanasan dulu sebelum aktifitas. dan untuk memanasi mesin usahakan setelah kendaraan berhenti selama lebih dari 4 jam untuk suhu normal, dan 3 jam untuk suhu dingin. agar apa? agar Piston nggak cepet aus atau penurunan kinerja, dan agar Oli pelumas yang ada pada piston nggak menggumpal. dan untuk memansi mesin cuman dibutuhkan waktu minimal 10 menit dan maksimal 15 menit (tanpa digas)
3. Gunakan Oli rekomendasi
Jadi, lebih milih IKLAN atau TEKNISI yang mengatakan "Oli terbaik, untuk sepeda motor terbaik". kalo ikut Iklan kalian bakal ngadu kesiapa kalo ada eror masalah OLI?? kalo sesuai rekomendasi Dealer resmi sepeda motor agan agan, kan enak kalo ada apa apa. Dan lagi Oli rekomendasi itu sudah dipastikan sangat cocok sama kondisi mesin kendaraan yang bersangkutan.

4. lebih dari 40 kurang dari 60
lebih baik jaga kecepatan agan pada kecepatan segitu, terutama buat motor bebek.

5. Pas-sin Timing saat isi ulang bensin
isi ulang saat keadaan suhu tanah belum terlalu panas, karena tingkat kekentalan bensin jadi saat pengisian bisa dapat lebih banyak. Isi ulang bensin saat SPBU tidak sedang mengisi persediaan bensin, itu untuk menghindari kerak tanki yang ikut tercampur saat pengisian.

nah untuk sementara itu doang gan, namun cara cara itu dijamin ampuh 75% berhasil, kenapa nggak 100% yang 25% tergantung agan agan sendiri, mau ngerawat si bebek nggak???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar